Photobucket Photobucket SELAMAT DATANG DI WWW.EKARAHAYU.TK SEMOGA BERMANFAAT BAGI SEMUANYA BACA JUGA BLOG SAYA YANG LAIN KLIK DISINI

Apa Yang Anda Cari Ada Disini

Loading

Selasa, 16 Oktober 2012

Ruang Lingkup Kesehatan Masyarakat

  
Seperti disebutkan diatas bahwa kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni. Oleh sebab itu, ruang lingkup kesehatan masyarakat dapat dilihat dari dua hal tersebut. Sebagai ilmu, kesehatan masyarakat pada mulanya hanya mencakup 2 disiplin pokok keilmuan, yakni bio-medis (medical biologi) dan ilmu-ilmu sosial (social sciences). Tetapi sesuai dengan perkembangan ilmu, maka disiplin ilmu yang mendasari ilmu kesehatan masyarakat pun berkembang. Sehingga sampai pada saat ini disiplin ilmu yang mendasari ilmu kesehatan masyarakat antara lain, mencakup : ilmu biologi, ilmu kedokteran, ilmu kimia, fisika, ilmu lingkungan, sosiologi, antropologi, psikologi, ilmu pendidikan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, ilmu kesehatan masyarakat adalah merupakan ilmu yang multidisiplin.
Secara garis besar, disiplin ilmu yang menopang ilmu kesehatan masyarakat atau sering disebut sebagai pilar utama ilmu kesehatan masyarakat ini, antara lain sebagai berikut :
1.       Epidemiologi.
2.       Biostatistik/Statistik Kesehatan.
3.       Kesehatan Lingkungan.
4.       Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku.
5.       Administrasi Kesehatan Masyarakat.
6.       Gizi Masyarakat.
7.       Kesehatan Kerja.
Masalah kesehatan masyarakat adalah multi kausal, maka pemecahannya harus secara multidisiplin. Oleh sebab itu, kesehatan masyarakat sebagai seni atau prakteknya mempunyai bentangan yang luas. Semua kegiatan baik yang langsung maupun tidak langsung untuk mencegah penyakit (preventif), meningkatkan kesehatan (promotif), terapi (terapi fisik, mental dan sosial) atau kuratif, maupun pemulihan (rehabilitatif) kesehatan (fisik, mental, sosial) adalah upaya kesehatan masyarakat. Misalnya : pembersihan lingkungan, pnyediaan air bersih, pengawasan makanan, perbaikan gizi, penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat, cara pembuangan tinja, pengelolaan sampah dan air limbah, pengawasan sanitasi tempat-tempat umum, pemberantasan sarang nyamuk, lalat, kecoa, dan sebagainya.
Secara garis besar, upaya-upaya yang dapat dikategorikan sebagai seni atau penerapan ilmu kesehatan masyarakat antara lain sebagai berikut :
1.       Pemberantasan penyakit, baik menular maupun tidak menular.
2.       Perbaikan sanitasi lingkungan.
3.       Perbaikan lingkungan pemukiman.
4.       Pemberantasan vektor.
5.       Pendidikan (penyuluhan) kesehatan masyarakat.
6.       Pelayanan kesehatan ibu dan anak.
7.       Pembinaan gizi masyarakat.
8.       Pengawasan sanitasi tempat-tempat umum.
9.       Pengawasan obat dan minuman.
10.   Pembinaan peran serta masyarakat, dan sebagainya.
Ruang lingkup kegiatan kesehatan masyarakat meliputi usaha-usaha :
1.       Promotif (peningkatan kesehatan).
Adalah usaha yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan yang meliputi usaha-usaha : peningkatan gizi, pemeliharaan kesehatan perorangan, pemeliharaan kesehatan lingkungan, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup dan rekreasi sehingga seseorang dapat mencapai tingkat kesehatan yang optimal.
2.       Preventif (pencegahan penyakit).
Adalah usaha yang ditujukan untuk mencegah terjadinya penyakit melalui usaha-usaha pemberian imunisasi pada bayi dan anak, ibu hamil, pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mendeteksi penyakit secara dini.
3.       Kuratif (pengobatan).
Adalah usaha yang ditujukan terhadap orang yang sakit untuk dapat diobati secara tepat dan adekuat sehingga dalam waktu singkat dapat dipulihkan kesehatannya.
4.       Rehabilitatif (pemulihan kesehatan).
Adalah usaha yang ditujukan terhadap penderita yang baru pulih dari penyakit yang dideritanya. Usaha pemulihan ini ditujukan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan fisik, mental dan sosial pasien sebagai akibat dari penyakit yang dideritanya melalui latihan-latihan yang telah terprogram dan dapat pula dilakukan melalui latihan fisioterapi.

Tidak ada komentar:

ARTIKEL TERKAIT


Kirim Komentar Anda Disini